Saung Saung

~Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh~
~Bismillahirahmanirahiim~

Kumpulan Tweet tentang : #Sedekah by #RumahZakat

.. #Sedekah itu akan memadamkan dosa, sebagaimana air dapat memadamkan api..
~ #HRTirmidzi ~

1. Apa makna kata #Sedekah? ~> pemberian yang diberikan oleh seorang Muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.
2. Definisi #Sedekah => suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang hanya mengharap ridha Allah SWT dan pahala semata
3. Menurut para ahli fikih, pengertian #Sedekah yang telah dijelaskan diatas itu disebut sadaqah at-tatawwu’ (sedekah secara spontan dan sukarela)
4. Pengertian sedekah yang lain menurut ahli fikih, #Sedekah juga dapat berarti zakat karena para fukaha menyebut zakat fitrah sebagai sadaqah al-fitr
5. Jadi, bisa disimpulkan bahwa, #Sedekah itu mencakup pemberian wajib (zakat) dan tidak wajib (sadaqah at-tatawwu)
6. “..kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi #Sedekah, atau berbuat makruf atau mengadakan perdamaian di antara manusia..” (4:14)
7. Lanjutan ayat..“Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami akan memberikan kepadanya pahala yang besar.” (4:14)
8. Rasulullah juga bersabda, “#Sedekah itu akan memadamkan dosa sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)
9. Para fukaha sepakat bahwa hukum #Sedekah (sadaqah at-tatawwu) pada dasarnya sunnah, berpahala bila dilakukan dan tidak berdosa bila ditinggalkan
10. Hukum #Sedekah bisa jadi haram, dalam kasus seseorang yang bersedekah mengetahui orang yang menerima sedekah akan menggunakan harta itu untuk kemaksiatan
11. Hukum #Sedekah (sadaqah at-tatawwu), bisa berubah jadi wajib yaitu ketika seseorang bertemu dengan orang lain yang sedang kelaparan ~
~ hingga dapat mengancam keselamatan jiwanya, sementara dia (orang pertama) mempunyai makanan lebih dari apa yang ia perlukan saat itu.
12. Hukum #Sedekah (sadaqah at-tatawwu) juga menjadi wajib jika seseorang bernazar hendak bersedekah kepada seseorang atau lembaga.
13. #Sedekah dalam arti sadaqah at-tatawwu’ berbeda dengan zakat. Sadaqah at-tatawwu tidak terikat dengan jumlah dan waktu.
14. Meski dasar hukumnya sunah, namun ada banyak dalil yg membahas tentang #Sedekah . Dan ini menunjukkan pentingnya sedekah
15. #Sedekah : “Jagalah dirimu dari api neraka, walau dengan bersedekah separuh buah kurma.” (HR. Muttafaqu Alaih)
16. #Sedekah : “Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu” (HR. Bukhari).
17. Mari kita mulai hari dengan #Sedekah, meski itu hanya sebuah senyuman. “Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah.” (HR. Imam Tirmidzi).
Jika kamu menampakan sedekahmu itu baik bagimu dan jika menyembunyikannya dan memberikan kepada fakir maka itu lebih baik bagimu.


Share