Saung Saung

~Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh~
~Bismillahirahmanirahiim~

Kumpulan Tweet tentang #Takjub ~ #SalimAFillah


  1. Ada dua hal yang sering membuat kita kagum; ucapan dan penampilan. Dan bukan cuma pada kita, Allah memperingatkan untuk berhati-hati dalam takjub.
  2. Bahkan RasuluLlahpun diwanti-wanti oleh Allah agar takjub itu tak meruyak; karena seringkali yang menakjubkan adalah justru yang merusak.
  3. Tentang ucap yang mengagumkan; Allah menyatakan; "Dan di antara manusia ada orang yang ucapannya tentang kehidupan dunia menakjubkanmu..
  4. ..dan dipersaksikannya kepada Allah atas kebenaran isi hatinya, padahal dia adalah penentang yang paling keras." {QS2:204}. ShadaqaLlah.
  5. Muhammad ibn Ka'b Al Qurazhi menyatakan, "Ayat ini turun tentang seorang lelaki munafiq; kemudian ia berlaku umum bagi orang yang dalam..
  6. ..hatinya ada penyakit; yang mengira dapat mengelabui Allah dan kaum mukminin dengan ucapannya yang fasih, indah, dan mempesona tapi menipu."
  7. Maka kita diperingatkan dari ucapan yang berbahaya ini; tak perlu takjub pada pembicaraan yang berbunga dan berpermata tentang hidup dunia.
  8. Adapun tentang penampilan; Allah menyatakan; "Dan apabila kalian melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kalian kagum. Dan jika..
  9. ..mereka berkata kalian mendengarkan perkataan mereka. Mereka adalah seakan-akan kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa tiap-tiap..
  10. ..teriakan yang keras ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya), maka waspadalah terhadap mereka.." {QS63:4}
  11. Ibn Katsir mentafsir, "Maksudnya mereka mempunyai penampilan yang bagus; (tubuhnya, pakaiannya, perhiasannya) dan sangat fasih berbicara."
  12. "Jika ada yang mendengar ucapan mereka yang penuh logika, retorika, dan sastra pasti akan tertarik. Tapi hakikatnya mereka lemah jiwanya."
  13. "Mereka berada dalam puncak kegamangan, kegelisahan, kekhawatiran, rasa takut, dan tumbuh sebagai pengecut di dalam diri mereka sendiri."
  14. Maka kitapun diingatkan untuk tidak mudah takjub dan terkejut pada ucapan dan penampilan semacam itu. Kata orang Jawa; Aja Gumunan, Aja Kagetan.
  15. AstaghfiruLlah; yang bicara inipun mungkin termasuk si pentakjub; atau bahkan dilekati sifat munafiq nan ucap dan penampilannya berbahaya.
  16. Tapi mari kita simak Taujih Allah ini; "Orang-orang yang MENDENGARKAN perkataan lalu MENGIKUTI yang PALING BAIK di antaranya..
  17. ..Mereka itulah orang-orang yang telah diberi Allah petunjuk dan mereka itulah orang-orang yang mempunyai akal." {QS39:18}. ShadaqaLlah.
  18. Semoga Allah menjaga kita agar tak termasuk para pemfasih lidah yang mencari dalih; atau para penampil pesona yang hanya memburu dunia.
  19. Semoga Allah menjaga kita agar tak mudah tertipu oleh kilau gemerlap bergincu manis; agar tak terpesona oleh ucapan nifaq ahli dunia.
  20. Semoga Allah karuniakan pada kita hidayah dan ilmu yang menajamkan akal dan menjernihkan fikir; untuk menyimak kekata dan mengikut terbaiknya.

Share