Saung Saung

~Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh~
~Bismillahirahmanirahiim~

Hadits Hadits tentang Menahan Amarah ~ #OetjiK

https://ukhtiuci.blogspot.com
..la taghdhob..

Abu Darda’ RA berkata: Ada seseorang yang datang menemui Rasulullah SAW dan bertanya: “Wahai Rasulullah, tunjukilah aku sebuah amalan yang dapat memasukkan aku ke dalam surga!” Rasulullah SAW menjawab: “Jangan marah, dan bagimu surga” 
~HR. Thabrani, lihat Shahih Targhib 3/46~

Dari Abdullah bin Amr RA bahwasanya dia bertanya pada Rasulullah SAW: “Wahai Rasulullah, amalan apa yang dapat menjauhkan aku dari murka Allah?” Beliau menjawab: “Jangan marah!” 
~HR. Ahmad 2/175~

Abu Hurairah RA berkata: Ada seseorang datang menemui Nabi SAW seraya berkata: “Wahai Rasulullah, berilah aku wasiat.” Maka Rasulullah SAW bersabda: “Janganlah kamu marah.” Beliau mengulanginya berkali-kali, dengan berkata: “Janganlah kamu marah 
~HR. Bukhari 6116~

Nabi SAW juga bersabda, “Barangsiapa yang menahan amarahnya sedangkan ia mampu untuk mewujudkannya, Allah akan menyebut dan memujinya pada hari kiamat kelak di hadapan seluruh makhluk.”
~HR. Tirmidzi 2021~

Aisyah RA, ia berkata: Rasulullah SAW pernah berkata kepadaku: "Sesungguhnya aku tahu saat kamu sedang senang kepadaku, dan saat kamu sedang marah kepadaku." Aku bertanya: "Dari mana engkau mengetahui hal itu?" Rasulullah SAW menjawab: "Sebab kalau kamu sedang senang padaku, maka kamu akan mengatakan: Tidak, demi Tuhan Muhammad tetapi kalau kamu sedang marah, maka kamu akan mengatakan: Tidak, demi Tuhan Ibrahim." Aku katakan: "Benar itu, wahai Rasulullah. Demi Allah, aku hanya meninggalkan namamu."
~HR. Muslim  4469~

Abu Bakrah RA berkata: Aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Seseorang (hakim) tidak boleh memutuskan perkara antara dua orang, ketika ia sedang marah."
~HR. Muslim 3241~

Abu Hurairah RA berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Bukanlah orang kuat itu dengan menang bergulat, tetapi orang yang kuat ialah orang yang dapat menguasai dirinya ketika marah."
~HR. Muslim 4723~

Apabila marah, marahnya tidak keluar dari kebenaran; 
Apabila senang, senangnya tidak membawanya pada kebatilan;
dan apabila mampu membalas, ia rela dan ikhlas mema'afkan, itulah tanda-tanda kesempurnaan iman seseorang.


 photo http___signatures.mylivesignature.com_54493_357_E8D18B00A8D4D89874CD5E1BBA4CA76B_zpsm6yjrqjk.png

Share