Saung Saung

~Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh~
~Bismillahirahmanirahiim~

Ayat-Ayat Al-Qur'an tentang: #Puji [ الْحَمْدُ ] ~ #OetjiK

1. ~QS Al-Fatihah [1]:2~
Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah, Tuhan semesta alam.

2. ~QS Al-An'am [6]:1~
Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah Yang telah menciptakan langit dan bumi dan mengadakan gelap dan terang, namun orang-orang yang kafir mempersekutukan (sesuatu) dengan Tuhan mereka.

3. ~QS Al-An'am [6]:45~
Maka orang-orang yang zalim itu dimusnahkan sampai ke akar-akarnya. Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah, Tuhan semesta alam.

4. ~QS Al-A'raf [7]:43~
Dan Kami cabut segala macam dendam yang berada di dalam dada mereka; mengalir di bawah mereka sungai-sungai dan mereka berkata: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah yang telah menunjuki kami kepada (surga) ini. Dan kami sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk kalau Allah tidak memberi kami petunjuk. Sesungguhnya telah datang rasul-rasul Tuhan kami, membawa kebenaran". Dan diserukan kepada mereka: "ltulah surga yang diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan".

5. ~QS Ibrahim [14]:39~
Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua(ku) Ismail dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanku, benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa.

6. ~QS An-Nahl [16]:75~
Allah membuat perumpamaan dengan seorang hamba sahaya yang dimiliki yang tidak dapat bertindak terhadap sesuatupun dan seorang yang Kami beri rezeki yang baik dari Kami, lalu dia menafkahkan sebagian dari rezeki itu secara sembunyi dan secara terang-terangan, adakah mereka itu sama? Segala puji [ الْحَمْدُ ] hanya bagi Allah, tetapi kebanyakan mereka tiada mengetahui.

7. ~QS Al-Israa' [17]:111~
Dan katakanlah: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah Yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya."

8. ~QS Al-Kahfi [18]:1~
Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah yang telah menurunkan kepada hamba-Nya Al Kitab (Al-Quran) dan Dia tidak mengadakan kebengkokan di dalamnya;

9. ~QS Al-Mukminun [23]:28~
Apabila kamu dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas bahtera itu, maka ucapkanlah: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim"

10. ~QS Al-Naml [27]:15~
Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman".

11. ~QS Al-Naml [27]:59~
Katakanlah: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah dan kesejahteraan atas hamba-hamba-Nya yang dipilih-Nya. Apakah Allah yang lebih baik, ataukah apa yang mereka persekutukan dengan Dia?"

12. ~QS Al-Naml [27]:93~
Dan katakanlah: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesaran-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tiada lalai dari apa yang kamu kerjakan".

13. ~QS Al-Qashas [28]:70~
Dan Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, bagi-Nya-lah segala puji [ الْحَمْدُ ] di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nya-lah segala penentuan dan hanya kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

14. ~QS Al-'Ankabut [29]:63~
Dan sesungguhnya jika kamu menanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menurunkan air dari langit lalu menghidupkan dengan air itu bumi sesudah matinya?" Tentu mereka akan menjawab: "Allah", Katakanlah: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah", tetapi kebanyakan mereka tidak memahami(nya).

15. ~QS Ar-Ruum [30]:18~
dan bagi-Nya-lah segala puji [ الْحَمْدُ ] di langit dan di bumi dan di waktu kamu berada pada petang hari dan di waktu kamu berada di waktu Zuhur.

16. ~QS Luqman [31]:25~
Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?" Tentu mereka akan menjawab: "Allah". Katakanlah: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah"; tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.

17. ~QS Saba' [34]:1~
Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah yang memiliki apa yang di langit dan apa yang di bumi dan bagi-Nya (pula) segala puji [ الْحَمْدُ ] di akhirat. Dan Dialah Yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.

18.~QS Faathir [35]:1~
Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

19.~QS Faathir [35]:34~
Dan mereka berkata: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampum lagi Maha Mensyukuri."

20. ~QS Ash-Shaaffat [37]:34~
Dan segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.

21. ~QS Az-Zumar [39]:29~
Allah membuat perumpamaan (yaitu) seorang laki-laki (budak) yang dimiliki oleh beberapa orang yang berserikat yang dalam perselisihan dan seorang budak yang menjadi milik penuh dari seorang laki-laki (saja); Adakah kedua budak itu sama halnya? Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.

22. ~QS Az-Zumar [39]:74~
Dan mereka mengucapkan: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah yang telah memenuhi janji-Nya kepada kami dan telah (memberi) kepada kami tempat ini sedang kami (diperkenankan) menempati tempat dalam surga di mana saja yang kami kehendaki; maka surga itulah sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal".

23. ~QS Az-Zumar [39]:75~
Dan kamu (Muhammad) akan melihat malaikat-malaikat berlingkar di sekeliling 'Arsy bertasbih sambil memuji Tuhannya; dan diberi putusan di antara hamba-hamba Allah dengan adil dan diucapkan: "Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah, Tuhan semesta alam".

24.~QS Al-Mu'min / Al-Ghafir [40]:65~
Dialah Yang hidup kekal, tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia; maka sembahlah Dia dengan memurnikan ibadat kepada-Nya. Segala puji [ الْحَمْدُ ] bagi Allah Tuhan semesta alam.

25. ~QS Al-Jaatsiyah [45]:36~
Maka bagi Allah-lah segala puji [ الْحَمْدُ ], Tuhan langit dan Tuhan bumi, Tuhan semesta alam.


Kata -Terpuji-, -pujian- dan -dipuji- :


26. ~QS Al-Baqarah [2]:267~
Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji [ حَمِيدٌ ].

27. ~QS Al-Imran [3]:188~
Janganlah sekali-kali kamu menyangka, hahwa orang-orang yang gembira dengan apa yang telah mereka kerjakan dan mereka suka supaya dipuji [ يُحْمَدُوا۟ ] terhadap perbuatan yang belum mereka kerjakan janganlah kamu menyangka bahwa mereka terlepas dari siksa, dan bagi mereka siksa yang pedih. 

28. ~QS An-Nisaa' [4]:131~
Dan kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan yang di bumi, dan sungguh Kami telah memerintahkan kepada orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan (juga) kepada kamu; bertakwalah kepada Allah. Tetapi jika kamu kafir maka (ketahuilah), sesungguhnya apa yang di langit dan apa yang di bumi hanyalah kepunyaan Allah dan Allah Maha Kaya dan Maha Terpuji حَمِيدًا ].

29.~QS Huud [11]:73~
Para malaikat itu berkata: "Apakah kamu merasa heran tentang ketetapan Allah? (Itu adalah) rahmat Allah dan keberkatan-Nya, dicurahkan atas kamu, hai ahlulbait! Sesungguhnya Allah Maha Terpuji [ حَمِيدٌ ] lagi Maha Pemurah".

30. ~QS Ibrahim [14]:1~
Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji [ الْحَمِيدِ ].

31. ~QS Ibrahim [14]:8~
Dan Musa berkata: "Jika kamu dan orang-orang yang ada di muka bumi semuanya mengingkari (nikmat Allah) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji [ حَمِيدٌ ]".

32. ~QS Al-Israa' [17]:79~
Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajud-lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji [ مَّحْمُودًا ].

33. ~QS Al-Hajj [22]:24~
Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik dan ditunjuki (pula) kepada jalan (Allah) yang terpuji [ الْحَمِيدِ ].

34. ~QS Al-Hajj [22]:64~
Kepunyaan Allah-lah segala yang ada di langit dan segala yang ada di bumi. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya lagi Maha Terpuji [ الْحَمِيدُ ].

35. ~QS Luqman [31]:12~
Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji [ حَمِيدٌ ]".

36. ~QS Luqman [31]:26~
Kepunyaan Allah-lah apa yang di langit dan yang di bumi. Sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji [ الْحَمِيدُ ].

37.~QS Saba' [34]:6~
Dan orang-orang yang diberi ilmu (Ahli Kitab) berpendapat bahwa wahyu yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itulah yang benar dan menunjuki (manusia) kepada jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji [ الْحَمِيدِ ].

38. ~QS Faathir [35]:15~
Hai manusia, kamulah yang berkehendak kepada Allah; dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji [ الْحَمِيدُ ].

39. ~QS Al-Fushilat [41]:42~
Yang tidak datang kepadanya (Al Quran) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Rabb Yang Maha Bijaksana lagi Maha Terpuji [ حَمِيدٍ ].

40. ~QS Asy-Syuura [42]:28~
Dan Dialah Yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan menyebarkan rahmat-Nya. Dan Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji [ الْحَمِيدُ ].

41. ~QS Al-Hadiid [57]:24~
(yaitu) orang-orang yang kikir dan menyuruh manusia berbuat kikir. Dan barangsiapa yang berpaling (dari perintah-perintah Allah) maka sesungguhnya Allah Dialah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji [ الْحَمِيدُ ].

42. ~QS Al-Mumtahanah [60]:6~
Sesungguhnya pada mereka itu (Ibrahim dan umatnya) ada teladan yang baik bagimu; (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (pahala) Allah dan (keselamatan pada) Hari Kemudian. Dan barangsiapa yang berpaling, maka sesungguhnya Allah Dialah yang Maha kaya lagi Maha Terpuji [ الْحَمِيدُ ].

43. ~QS Ath-Thagabun [64]:1~
Bertasbih kepada Allah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi; hanya Allah-lah yang mempunyai semua kerajaan dan semua pujian [ الْحَمْدُ ], dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.

44. ~QS Ath-Thagabun [64]:6~
Yang demikian itu adalah karena sesungguhnya telah datang kepada mereka Rasul-Rasul mereka membawa keterangan-keterangan lalu mereka berkata: "Apakah manusia yang akan memberi petunjuk kepada kami?" lalu mereka ingkar dan berpaling; dan Allah tidak memerlukan (mereka). Dan Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji [ حَمِيدٌ ].

45. ~QS Al-Buuruj [85]:8~
Dan mereka tidak menyiksa orang-orang mukmin itu melainkan karena orang-orang mukmin itu beriman kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji [ الْحَمِيدِ ]


 photo http___signatures.mylivesignature.com_54493_357_E8D18B00A8D4D89874CD5E1BBA4CA76B_zpsm6yjrqjk.png




Share