Saung Saung

~Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh~
~Bismillahirahmanirahiim~

Hadits tentang: #Ilmu ~ OetjiK

Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab علم, masdar dari عَـلِمَ – يَـعْـلَمُ yang berarti tahu atau mengetahui.

Rasulullah ﷺ bersabda,

"Barang siapa yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu maka akan Allah mudahkan jalannya menuju surga."

"Barang siapa yang Allah kehendaki kebaikan, maka Allah akan faqihkan ia dalam agama-Nya."


Demi Allah, sampai-sampai salah seorang dari mereka membolak-balikkan dirham di atas kukunya, lalu mengabarkan berat timbangannya kepadamu, akan tetapi mereka tidak becus sholatnya.
~Imam Hasan Al-Bashri~


Barang siapa yang menghendaki dunia, maka hendaknya dia berilmu. Dan barang siapa yang menghendaki akhirat, maka hendaknya dia berilmu. Dan barang siapa yang menghendaki dunia dan akhirat, maka hendaknya dia berilmu.
~Imam Syafi’i~


Setiap ilmu selain Al-Qur’an adalah menyibukkan, kecuali hadits dan fiqih dalam agama. Ilmu adalah apa-apa yang terdapat didalamnya Haddatsana (Hadits). Selain itu adalah was-was setan.
~Imam Syafi’i~


Tidak ada satu pun yang lebih utama setelah menunaikan kewajiban selain menuntut ilmu.
~Imam Syafi’i~


Menuntut ilmu lebih utama daripada shalat sunnah.
~Imam Syafi’i~



Seandainya bukan karena tinta (ilmu), niscaya orang-orang zindiq akan berkhotbah di mimbar-mimbar.
~Imam Syafi’i~


"Ilmu yang bermanfaat adalah mempelajari Al-Qur’an dan Sunnah serta memahami makna kandungan keduanya dengan pemahaman para sahabat, tabi’in, dan tabi’ tabi’in. Demikian juga dalam masalah hukum halal dan haram, zuhud dan masalah hati, dan sebagainya."
~Al-Hafizh Ibnu Rajab Al-Hambali~


"Yang dimaksud dengan ilmu adalah ilmu syar’i. Ilmu yang berfaedah untuk mengetahui kewajiban seorang hamba berupa perkara agama, baik dalam ibadah maupun pergaulannya sehari-hari. Ilmu yang berbicara tentang Allah dan sifat-sifat-Nya, serta apa yang wajib dirinya dalam menjalankan perintah Allah, menyucikan Allah dari segala kekurangan. Ilmu yang demikian berkisar pada ilmu tafsir, hadits, dan fiqih."
~Al-Hafizh Ibnu Hajar~


"Sesungguhnya, intisari ilmu adalah amalan."
~Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani dalam Fathul Rabbani~



"Ilmu yang kalau hari ini tidak menjauhkanmu dari maksiat dan membawamu pada ketaatan, niscaya esok hari dia tidak akan menjauhkanmu dari api Jahannam."
~Dr. Khalid Abu Syadi, Sibâq Nahwal Jinân, hlm. 52~



"Dulu, ada bersama kita seorang ‘alim dan seorang abid (ahli ibadah). Suatu ketika, orang alim ini bertanya kepada sang ahli ibadah:
‘Mengapa engkau tidak mendatangiku ketika orang-orang mendatangiku untuk mengambil ilmu dariku?’
Ahli ibadah ini menjawab, ‘Aku menguasai sedikit ilmu. Lalu, aku pun berusaha mengamalkannya. Kalau sudah habis apa yang ada padaku (karena telah mengamalkannya), niscaya aku akan mendatangimu (untuk belajar ilmu yang baru)’."
~Al-Imam Sufyan Ats-Tsauri: [Hilyatul Auliyâ’, 7:284, Abu Nu’aim Al-Asbahany]~









 photo http___signatures.mylivesignature.com_54493_357_E8D18B00A8D4D89874CD5E1BBA4CA76B_zpsm6yjrqjk.png



Share