Saung Saung

~Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh~
~Bismillahirahmanirahiim~

Bahaya Sirup Jagung Tinggi Fruktosa (HFCS) ~ #OetjiK

Sirup Jagung Tinggi Fruktosa atau HFCS (High Fructose Corn Syrup) merupakan sirup jagung yang telah mengalami proses enzimatis yang bertujuan untuk menghasilkan kandungan fruktosa dengan presentase tinggi sesuai dengan tingkat kemanisan yang dikehendaki. Semakin tinggi kadar fruktosa maka semakin tinggi angka kemanisan HFCS yang dihasilkan, yang berarti semakin manis.
Sirup Jagung Tinggi Fruktosa (High Fructose Corn Syrup (HFCS)) juga dikenal sebagai Sirup Glukosa-Fruktosa, Sirup Glukosa, Sirup Fruktosa, Glukosa / Fruktosa, Sirup Jagung Tinggi Fruktosa atau Gula Jagung merupakan pemanis buatan / aditif dengan bahan utamanya Jagung Manis berkualitas tinggi yang digunakan dalam ribuan produk makanan, termasuk minuman berkarbonasi (soda), minuman ringan, jus buah, es krim, susu rasa, eggnog, yogurt, permen, biskuit, kue, kukis, saus tomat, sup, saus salat, roti, selai, jeli kerupuk / keripik, produk susu dan makanan penutup yang dibekukan (dessert), makanan kaleng untuk bahan makanan termasuk saus dan bumbu, sereal dan sereal bar, dan banyak makanan olahan lainnya.

HFCS adalah campuran dari fruktosa dan glukosa dan banyak digunakan oleh perusahaan / industri makanan karena lebih murah biayanya daripada memakai gula biasa maupun sukrosa, lebih manis dengan pemakaian sedikit, mudah larut karena berbentuk cair,  dan produk makanan yang dihasilkan bisa lebih tahan lama.

Pemakaian High Fructose Corn Syrup pada kesehatan tubuh

HFCS bertanggungjawab pada penyebab masalah kesehatan, seperti : kegemukan (obesitas), kolesterol tinggi, masalah insulin, diabetes tipe 2, kerusakan hati, tekanan darah tinggi (hipertensi / high blood pressure), penyakit hati, kanker, migren, gangguan perkembangan dalam peningkatan aktifitas motorik pada anak-anak (Attention Deficit / Hyperactivity Disorder / ADHD), dll.

HFCS sering terkontaminasi dengan berbagai merkuri yang dapat menyebabkan kerusakan otak.


Glukosa digunakan untuk bahan bakar dan dimetabolisme oleh sel-sel di dalam tubuh. Sebaliknya, fruktosa hanya bisa dimetabolisme oleh hati yang mengubah fruktosa menjadi lemak. Pada saat mengkonsumsi fruktosa, 30 % akan disimpan sebagi lemak, sehingga fruktosa berbeda dengan glukosa, tidak berpengaruh pada nafsu makan, yang berakibat pada makan berlebihan dan kegemukan (obesitas).

Fruktosa ditemukan di dalam buah-buahan dan berbagai jenis sayuran, yaitu sumber makanan yang menyehatkan karena mengandung banyak serat, vitamin, mineral, enzim dan fitonutrien (zat kimia / nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuhan (buah dan sayur) yang bermanfaat. Sebaliknya, fruktosa yang ditemukan dalam HFCS tidak mengandung nutrisi dan malah menyerap nutrien dari tubuh. HFCS menghambat penyerapan mineral seperti Magnesium, Tembaga dan Kromium dan mempengaruhi penerima insulin, menyebabkan diabetes tipe 2, menyebabkan kolesterol tinggi dan merusak sistem kekebalan tubuh.

Industri makanan tengah berusaha meyakinkan kita bahwa Sirup Jagung Tinggi Fruktosan adalah bahan alami yang bisa disamakan dengan gula tebu dan oleh karenanya sangat aman dikonsumsi manusia.

Jangan pernah mempercayai kebohongan dari pelaku industri makanan dan penyiaran media (iklan). Bertentangan dengan pendapat para "Ahli Kesehatan" yang menyatakan bahwa HFCS sangat tidak aman dikonsumsi oleh manusia.

Cobalah mengindari makan makanan yang mengandung HFCS selama 60 hari dan Anda akan menemukan bagaimana kesehatan tubuh Anda lebih sehat secara dramatis.

Bentuk lain fruktosa yang harus dihindari adalah : kristal fruktosa, sawi putih, insulin, glukosa iso dan sirup Agave, pemanis yang diproses hampir seluruh fruktosa.

Juga hindarilah minum minuman ber-energi dan minuman bersuplemen, karena banyak mengandung gula, bahan kimia tambahan dan pemanis buatan.

Alternatif lain Sirup Jagung Tinggi Fruktosa yang aman dikonsumsi bagi kesehatan tubuh adalah : gula tebu alami dan organik, sirup maple, sari kelapa, gula palem, madu alami dan Stevia, kalori rendah, semua pemanis alami yang sudah dipakai selama berabad-abad dan turun temurun dari nenek moyang.



Source: 
rawforbeauty.com
wikipedia.org/wiki/High_fructose_corn_syrup

Share